HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN,ORGANISASI DAN METODE

I.PENDAHULUAN

seperti yang kita ketahui,bahwa untuk mencapai tujuan seseorang bekerja sama dengan orang lain dengan tujuan saling bekerja sama.organisasi adalah sekelompok seorang
(dua/lebih)secara formal/informal berinteraksi dan bekerja sama dalam tujuan yang sudah di tetapkan bersama.keberhasilan organisasi salah satunyaditentukan oleh meode apa yang diacukan dalam suatu organisasi.metode adalah cara kerja yang bersistem unuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang di tentukan.

II.ISI

MANAJEMEN ORGANISASI

Kegiatan manajemen:

A.planning(perencanaan)
merupakan proses kegiatan pemikiran,dugaan dan penentuan pioritas-prioritas yang hrus dilkukan secara rasional ebelum melaksanakan tindakan yang sebenarnya.
merupakan kegiatan non fisik sebelummelaksanakan kegiatan fisik.
sangatdi prlukan dalam rangka mengarahkan suatu tujuan dan sasaran dalam program pembangunan

B.organizing(pengorganisasian)
merupakan proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya serta penempatan mengenai orang yang menduduki fungsi-fungsi tersebut secara tepat.
dilakukan demi perencanaan ,pelaksanaan dan pembagian kerja yang tepat.dan harus diperhatikan dalam penempatan orang(staffing)dilakukan secara obyektif.

C.motivating(pendorongan)
merupakan proses kegiatan yang harus dilakukan untuk membina dan mendorong semangat dan kerelaan krja pegawai.
mencakup segisegi perangsang baik yang bersifat rohaniah seperti kenaikan pangkat,
pendidikan dan pengembangan karierpemberian cuti dan sebagainya maupun yang bersifat jasmaniah seperti sistem upah ang baik dan memotivasi,pemberian tunjangan,penyediaan fasilitas yang lengkap dan seterusnya.

D.controlling(pengendalian)
merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan,penyempurnaan dan penilaian sehingga dapt mencapai tujuan seperti yang di rencanakan.
sangat penting untuk mengetahui sampai dimana pekerjaan sudah dilaksanakan.kemudian dapat dilakukan evaluasi,penentuantindakan korektif ataupun tindak lanjut,sehingga pengembangan dapat ditingkatkan pelaksanaanya.

keempat kegiaan manajemen ini tidak dapat terlaksana tanpa adanya sumber-sumber /sarana yang harus digunakan secara tepat.sumber-sumber yang dimaksud disebut 6 M (THE SIX M'S IN MANAGEMENT)'yaitu:

1.manusia/tenaga kerja (man power).
2.uang/dana(money).
3.bahan-bahan/material(materials).
4.mesin dan peralatan(machine and equipment).
5.tata kerja/(metods).
6.pasar(market).

MANAJEMEN TENAGA KERJA

dengan tata kerja yang tepat,maka proses kegiatan dalam organisasi akan dilakukan secara ilmiah dan praktis.tata kerja yang tepat adalah:

1.meminimalkan terjadinya pemborosan terhadap sumber daya dan waktu nyang tersedia.
2.menghindari kesalahan dan kegagalan dalam mencapai tujuan.
3.menjamin adanya pembagian kerja,waktu dan koordinasi yang tepat.

MANAJEMEN ORGANISASI & TATA KERJA

Hubungan antara manajemen,organisasi dan metode adalah organisasi sebagai wadah/alat sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama,sedangkan metode sebagai cara kerjadalam organisasi tersebut untuk mencapai tujuan.
agar tujuan organisasi dapat tercapai,metode harus diarahkan sejalan dengan organisasi.

dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu:

1.organisasi dan metode merupakan kunci pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya.
2.organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen.
3.organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
4.organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efesiensi kerja untuk mencapai
tujuan.

III.PENUTUP

Jika ada organisasi, manajemen dan metodenya dilakukan dengan kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat dilakukan secara tepat dan lebih terordinir sesuai dengan proses kegiatan yang ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil yang lebih efsien dan efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan untuk ketiganya.

IV.PUSTAKA
WWW.GOOGLE.COM

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar